PROPOSAL USAHA
CLOTHING DUASISI FAMILIA
Nama Pemilik : 1.Rizqi Hermansyah Effendi
2.Cahya Hadiansyah
2.Cahya Hadiansyah
Nama Perusahaan :
DUASISI FAMILIA
Alamat & Telepon : Cibeunying
Kolot no.27
No.Telpon : 087823620283
No.Telpon : 087823620283
Rancangan Perusahaan
Nama Perusahaan
Perusahaan ini akan bernama DUASISI FAMILA CLOTHING.
Alamat Perusahaan
Kantor atau lokasi pemasaran DUASISI FAMILIA CLOTHING akan bertempat di Jl.Cibeunying kolot no.27, BANDUNG.
Kantor atau lokasi pemasaran DUASISI FAMILIA CLOTHING akan bertempat di Jl.Cibeunying kolot no.27, BANDUNG.
Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan
Bisnis Distro ini Berdiri atas kerjasama serta keinginan sekelompok anak muda yang
memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang Musik, karena sering bertemu
di dalam sekolah dan sering sekali datang ke acara-acara musik. Kamipun
tertarik untuk membuat merch baju-baju band UNDERGROUND dan merch merch yang
lain.
DUASISI
FAMILIA ini berdiri atas dasar keinginan yang sama dalam fashion dan musik di
Bandung.
DUASISI
FAMILIA didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bermusik.
.
Pergantian manajemen
diharapkan
dapat memberi akselerasi terhadap perkembangan usaha yang telah dirintis
sebelumnya
untuk memanfaatkan segala infrastruktur yang sudah ada.
Alasan pentingnya
Pendirian DUASISI FAMILIA:
·
Tidak ada yang namanya barang
bajakkan
·
Cakupan bidang usaha lebih luas
·
Memberikan dukungan terhadap kemajuan
dalam bidang event Musik dan fashion Musik di Bandung.
Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi Masyarakat sekitar
diantaranya:
·
Membantu para desainer dalam
menyalurkan kreativitasnya dalam desain pakaian.
·
Mempermudah anak muda mencari baju yang
lebih bagus, lebih murah, lebih original.
·
Menyediakan tempat Nongkrong bagi
siapa saja yang mau.
·
Sedikitnya akan mengurangi yang
namanya pengangguran.
Visi dan Misi Perusahaan
Visi : “Bandung
Music Generasion”
Misi :
Menciptakan Baju-baju yang lebih bagus dari pada distro lain, dan akan membantu
event event besar music bandung .
Bidang Usaha
DUASISI
FAMILIA merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa dlm pemarasaran
barang-barang baju, sepatu, switer, kemeja, celana, tas, Handband dll dengan
mengedepankan nama-nama band tertentu.
Beberapa
usaha yang ingin kembangkan juga
meliputi :
·
Membantu event besar di bandung.
·
Fasilitas tempat nongkrong anak muda.
·
Membuat baju baju musik yang lebih
keren.
·
Desain Desain yang ga pasaran
MANAJEMEN
Komponen
organisasional yang akan diterapkan adalah :
·
Satu orang Direktur
Utama, bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses
produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan
negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang
berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya.
Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar Rp. 2.50.000,- perbulan.
·
4 orang Karyawan, merupakan pekerja yang sesuai dengan alokasi karyawan. Karyawan
dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 2.00.000,- per bulan dengan masa kerja
25 hari.
Deskripsi Produk Barang dan Jasa
1. Jasa Pengelolaan Distro
Deskripsi
Hari gini industri distro di Indonesia bisa
dibilang udah sangat menjamur. Tengok aja di kota-kota besar kaya Jakarta,
Surabaya atau Bandung. Di setiap sudut pertokoan, sudut jalan atau di dalam
mall pasti selalu ada distro anak muda yang memamerkan desain-desain terbaru
yang keren. Bisnis ini juga mulai merambah ke kota-kota kecil. Jadi, distro
udah tersebar luas di berbagai kota di Indonesia dengan ciri kasnya
masing-masing. Produk yang mereka tawarin juga macem-macem. Ada kaos, topi,
celana jeans, dan lain-lain. Diantara semua jenis fashion itu terselip juga
pilihan lain yang nggak kalah populer di kalangan pecinta mode, yakni kaos.
Jenis baju berkerah ini sering dipake sama berbagai kalangan. Nggak cuma anak muda, tapi orang dewasa juga udah kepincut. Modelnya yang bervariasi, dinamis, dan ga monoton cocok dipake di berbagai situasi. Biasanya kaos dengan corak yang agak rame dan berwarna cerah sering dijadiin pilihan bagi anak muda. Sementara buat orang dewasa tersedia kaos dengan pilihan warna yang lebih soft dan casual sehingga cocok buat dipake ke kantor. Selain nggak mencolok, kaos distro juga bikin orang yang make keliatan lebih gaul tapi tetap berkesan rapih.
Kelebihan lain dari kaos distro ini yaitu desainnya yang nggak pasaran. Karena biasanya distro ngeluarin produk terbaru secara periodik, misalnya sebulan sekali. Setelah itu kemungkinan besar mereka nggak akan ngeluarin desain yang sama buat kedua kalinya karena ini produk sekali jual. So, bisa dipastiin kaos yang kalian punya nggak ada yang bisa nyamain modelnya. Berkesan eksklusif banget kan.
Jenis baju berkerah ini sering dipake sama berbagai kalangan. Nggak cuma anak muda, tapi orang dewasa juga udah kepincut. Modelnya yang bervariasi, dinamis, dan ga monoton cocok dipake di berbagai situasi. Biasanya kaos dengan corak yang agak rame dan berwarna cerah sering dijadiin pilihan bagi anak muda. Sementara buat orang dewasa tersedia kaos dengan pilihan warna yang lebih soft dan casual sehingga cocok buat dipake ke kantor. Selain nggak mencolok, kaos distro juga bikin orang yang make keliatan lebih gaul tapi tetap berkesan rapih.
Kelebihan lain dari kaos distro ini yaitu desainnya yang nggak pasaran. Karena biasanya distro ngeluarin produk terbaru secara periodik, misalnya sebulan sekali. Setelah itu kemungkinan besar mereka nggak akan ngeluarin desain yang sama buat kedua kalinya karena ini produk sekali jual. So, bisa dipastiin kaos yang kalian punya nggak ada yang bisa nyamain modelnya. Berkesan eksklusif banget kan.
Buat modelnya sendiri ada yang lengan panjang,
¾ lengan, atau lengan pendek. Dan yang paling penting nih, soal harga. Ya,
berhubung persaingan kaos distro cukup ketat, para produsen berlomba-lomba menjangkau
konsumen lewat selip-selipan harga. Keuntungan buat kita nih, soalnya harga
kaos jadi makin terjangkau aja. Kira-kira udah bisa dibeli mulai dari harga Rp
80.000. Makin bagus kualitasnya, makin tinggi harganya. Well, harga jarang
bohong kan.
Nah buat kalian yang mulai ngiler, silakan mulai belanja ke distro langganan atau DUASISI FAMILIA. Pasti banyak kaos yang sabar menanti buat dibawa pulang. Dijamin kalian bakal keliatan lebih oke dan keren tanpa meninggalkan kesan rapih.
Nah buat kalian yang mulai ngiler, silakan mulai belanja ke distro langganan atau DUASISI FAMILIA. Pasti banyak kaos yang sabar menanti buat dibawa pulang. Dijamin kalian bakal keliatan lebih oke dan keren tanpa meninggalkan kesan rapih.
Manfaat produk dan Jasa
·
Menanggulangi masalah bagi anak-anak
muda pecinta musik underground untuk memdapatkan perlengkapan yang berkualitas
baik dengan harga terjangkau.
·
Meningkatkan kebutuhan anak-anak muda
akan perlengkapan music dan meningkatkan solidaritas yang tinggi dan
meningkatkan kreativitas desainer desainer.
·
Menambahkan fasilitas tempat
nongkrong yang memadai.
Rencana harga
Harga yang
kami tawarkan mengacu pada standar kualitas barang yang ditawarkan,
yaitu
sebesar :
Jenis Barang
|
Penawaran harga per Unit
|
Baju
|
Rp. 80.0000 – Rp.130.000
|
Handband, Headband, Kupluk, Sal
|
Rp. 50.000 – Rp. 80.000
|
Sepatu
|
Rp. 190.000 – Rp. 300.000
|
Switer
|
Rp. 150.000 – Rp. 200.000
|
Penawaran / Pesaing
Belum ada
kompetitor yang memiliki Fasilitas yang memadai dan lengkap disekitar
lokasi dan
juga distro yang menawarkan kebutuhan akan perlengkapan accesoris yang berkualitas baik. Distro – distro
disekitar lokasi kami anggap bukan kompetitor karena kami manawarkan produk
barang yang berbeda, kelebihan produk kami adalah: kualitas barang yang baik,
setiap produk dibuat dengan daya seni yang menarik bagi konsumen, menawarkan
harga diskon setiap bulan bulan tertentu, pelayanan konsumen yang dapat
diandalkan serta lokasi dikelola dengan ramah lingkugan dan nyaman.
Strategi dan Proyeksi Pemasaran
Strategi Pemasaran
·
Mengikuti serta menseponsori
event-event music.
·
Discont pada masa promosi.
·
Menempelkan Poster di pinggir –
pinggir jalan.
·
Iklan via Jaringan sosial (Facebook,
Twitter, FourSquare)
Proyeksi Kebutuhan Investasi
Kebutuhan investasi
terdiri dari 2 macam yaitu investasi aset dan investasi tunai.
Investasi
aset berasal dari semua aset yang dikelola oleh manajemen DUASISI FAMILIA
Distro, Investasi tunai berasal dari berbagai pihak yang tertarik terhadap
bisnis
perusahaan. Total biaya kebutuhan investasi tunai tertera dalam tabel berikut
ini
Investasi Tunai
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga (Rp.)
|
Anggaran(Rp.)
|
Izin sewa Bangunan
|
unit
|
1
|
20.000.000
|
20.000.000
|
Biaya pemasokan 3 bulan
|
unit
|
3
|
15.000.000
|
45.000.000
|
TOTAL
|
65.000.000
|
Prediksi
Biaya Operasional yang dikeluarkan tiap bulan:
Biaya
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga(Rp.)
|
Anggaran(Rp.)
|
Gaji Karyawan
|
Orang
|
1
|
2.00.000
|
2.00.000
|
Listrik
|
Unit
|
1bulan
|
5.00.000
|
5.00.000
|
TOTAL
|
7.00.000
|
Investasi
tunai yang dibutuhkan sebesar Rp. 65.000.000,- sedangkan sebagai
investasi
aset senilai Rp 150.000.000,- sehingga investasi totalnya menjadi Rp.
215.000.000,-
Proyeksi Finansial
Laba
dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya produksi selama setahun.
Profit
investasi didapatkan dari laba dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang
meliputi:
penelitian dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).
➢ Kondisi penjualan minimum
Apabila proyeksi penjualan tidak sesuai dengan
perencanaan/ target, maka kondisi
penjualan minimum yang harus diupayakan sehingga biaya
produksi tertutupi.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi
penjualan terburuk adalah:
· Melakukan
penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional sesuai dengan
kondisi penjualan. Biaya operasional bulanan, sehingga
biaya operasional
dapat tertutupi oleh total penjualan.
· Agresif
marketing: secara aktif meningkatkan penjualan jasa pengelolaan dan
promosi ke kawasan komersil (setingkat mall atau
perumahan).
➢ Over Order
Over Order terjadi apabila input permintaan barang
melebihi daya tampung
perusahaan akibat produksi penjahit dan desainer yang
terhambat. Kondisi ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi perusahaan,
namun disisi lain dapat
merugikan apabila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan
menurunnya
kepercayaan konsumen.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi ini
adalah:
· Memberikan
diskon besar kepada penjahit model dan desainer, sehingga
produk terserap sebanyak-banyaknya.
· Melakukan
pembelian sekala besar kepada supplyer guna memenuhi
kebutuhan permintaan/konsumen yang meningkat.
Pendanaan dan Kerjasama
Total
modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah Rp. 215.000.000,- yang berupa
investasi tunai sebesar Rp. 150.000.000,- dan aset DUASISI FAMILIA Distro Rp. 365.000.000
Kami
mengharapkan dana tersebut diperoleh dari :
· Masyarakat sekitar
· Para Investor yang mendukung Bandung Generasi Music Dan Fashion
· Sumber Pendanaan yang lain.
Bagi
investor, profit sharing dibagi dari profit investasi (80 % dari laba bersih).
Dari
keuntungan
tersebut, ditentukan persentase bagi hasil untuk pihak manajemen dan
investor.
Jika terdapat lebih dari satu investor, maka persentase bagi hasil untuk investor
ditentukan berdasarkan modal yang diberikan relatif terhadap total kebutuhan investasi.
Penutup
Demikian
proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dokumen
dalam proposal disusun bagi lembaga – lembaga masyarakat sekitar dan music
underground
Kami
bermaksud semua untuk menerima proposal ini. Kami harapkan kerjasama ini bisa
mendorong kecintaan masyarakat terhadapa generasi anak – anak muda lebih dalam.
.
Atas
perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
Bandung, 1
MARET 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar