Senin, 14 Mei 2012

CONTOH PROPOSAL USAHA


PROPOSAL USAHA
CLOTHING DUASISI FAMILIA





Nama Pemilik : 1.Rizqi Hermansyah Effendi
                          2.Cahya Hadiansyah
Nama Perusahaan     : DUASISI FAMILIA
Alamat & Telepon      : Cibeunying Kolot no.27
No.Telpon                  : 087823620283











Rancangan Perusahaan


Nama Perusahaan

Perusahaan ini akan bernama DUASISI FAMILA CLOTHING.

 Alamat Perusahaan

Kantor atau lokasi pemasaran DUASISI FAMILIA CLOTHING akan bertempat di Jl.Cibeunying kolot no.27, BANDUNG.



Latar Belakang Perusahaan

Perusahaan Bisnis Distro ini Berdiri atas kerjasama serta keinginan sekelompok anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang Musik, karena sering bertemu di dalam sekolah dan sering sekali datang ke acara-acara musik. Kamipun tertarik untuk membuat merch baju-baju band UNDERGROUND dan merch merch yang lain.
DUASISI FAMILIA ini berdiri atas dasar keinginan yang sama dalam fashion dan musik di Bandung.


DUASISI FAMILIA didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bermusik.
. Pergantian manajemen
diharapkan dapat memberi akselerasi terhadap perkembangan usaha yang telah dirintis
sebelumnya untuk memanfaatkan segala infrastruktur yang sudah ada.
Alasan pentingnya Pendirian DUASISI FAMILIA:
·         Tidak ada yang namanya barang bajakkan
·         Cakupan bidang usaha lebih luas
·         Memberikan dukungan terhadap kemajuan dalam bidang event Musik dan fashion Musik di Bandung.

Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi Masyarakat sekitar
diantaranya:
·         Membantu para desainer dalam menyalurkan kreativitasnya dalam desain pakaian.
·         Mempermudah anak muda mencari baju yang lebih bagus, lebih murah, lebih original.
·         Menyediakan tempat Nongkrong bagi siapa saja yang mau.
·         Sedikitnya akan mengurangi yang namanya pengangguran.





Visi dan Misi Perusahaan
Visi : “Bandung Music Generasion”
Misi : Menciptakan Baju-baju yang lebih bagus dari pada distro lain, dan akan membantu event event besar music bandung .


Bidang Usaha

DUASISI FAMILIA merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa dlm pemarasaran barang-barang baju, sepatu, switer, kemeja, celana, tas, Handband dll dengan mengedepankan nama-nama band tertentu.

Beberapa usaha yang ingin kembangkan juga
meliputi :
·         Membantu event besar di bandung.
·         Fasilitas tempat nongkrong anak muda.
·         Membuat baju baju musik yang lebih keren.
·         Desain Desain yang ga pasaran

MANAJEMEN
Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :
·         Satu orang Direktur Utama, bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya. Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar Rp. 2.50.000,- perbulan.

·         4 orang Karyawan, merupakan pekerja yang sesuai dengan alokasi karyawan. Karyawan dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 2.00.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.

Deskripsi Produk Barang dan Jasa
1. Jasa Pengelolaan Distro
Deskripsi
Hari gini industri distro di Indonesia bisa dibilang udah sangat menjamur. Tengok aja di kota-kota besar kaya Jakarta, Surabaya atau Bandung. Di setiap sudut pertokoan, sudut jalan atau di dalam mall pasti selalu ada distro anak muda yang memamerkan desain-desain terbaru yang keren. Bisnis ini juga mulai merambah ke kota-kota kecil. Jadi, distro udah tersebar luas di berbagai kota di Indonesia dengan ciri kasnya masing-masing. Produk yang mereka tawarin juga macem-macem. Ada kaos, topi, celana jeans, dan lain-lain. Diantara semua jenis fashion itu terselip juga pilihan lain yang nggak kalah populer di kalangan pecinta mode, yakni kaos.
Jenis baju berkerah ini sering dipake sama berbagai kalangan. Nggak cuma anak muda, tapi orang dewasa juga udah kepincut. Modelnya yang bervariasi, dinamis, dan ga monoton cocok dipake di berbagai situasi. Biasanya kaos dengan corak yang agak rame dan berwarna cerah sering dijadiin pilihan bagi anak muda. Sementara buat orang dewasa tersedia kaos dengan pilihan warna yang lebih soft dan casual sehingga cocok buat dipake ke kantor. Selain nggak mencolok, kaos distro juga bikin orang yang make keliatan lebih gaul tapi tetap berkesan rapih.
Kelebihan lain dari kaos distro ini yaitu desainnya yang nggak pasaran. Karena biasanya distro ngeluarin produk terbaru secara periodik, misalnya sebulan sekali. Setelah itu kemungkinan besar mereka nggak akan ngeluarin desain yang sama buat kedua kalinya karena ini produk sekali jual. So, bisa dipastiin kaos yang kalian punya nggak ada yang bisa nyamain modelnya. Berkesan eksklusif banget kan.
Buat modelnya sendiri ada yang lengan panjang, ¾ lengan, atau lengan pendek. Dan yang paling penting nih, soal harga. Ya, berhubung persaingan kaos distro cukup ketat, para produsen berlomba-lomba menjangkau konsumen lewat selip-selipan harga. Keuntungan buat kita nih, soalnya harga kaos jadi makin terjangkau aja. Kira-kira udah bisa dibeli mulai dari harga Rp 80.000. Makin bagus kualitasnya, makin tinggi harganya. Well, harga jarang bohong kan.
Nah buat kalian yang mulai ngiler, silakan mulai belanja ke distro langganan atau DUASISI FAMILIA. Pasti banyak kaos yang sabar menanti buat dibawa pulang. Dijamin kalian bakal keliatan lebih oke dan keren tanpa meninggalkan kesan rapih.
Manfaat produk dan Jasa
·         Menanggulangi masalah bagi anak-anak muda pecinta musik underground untuk memdapatkan perlengkapan yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.
·         Meningkatkan kebutuhan anak-anak muda akan perlengkapan music dan meningkatkan solidaritas yang tinggi dan meningkatkan kreativitas desainer desainer.
·         Menambahkan fasilitas tempat nongkrong yang memadai.

Rencana harga
Harga yang kami tawarkan mengacu pada standar kualitas barang yang ditawarkan,
yaitu sebesar :
Jenis Barang
Penawaran harga per Unit
Baju
Rp. 80.0000 – Rp.130.000
Handband, Headband, Kupluk, Sal
Rp. 50.000 – Rp. 80.000
Sepatu
Rp. 190.000 – Rp. 300.000
Switer
Rp. 150.000 – Rp. 200.000




Penawaran / Pesaing
Belum ada kompetitor yang memiliki Fasilitas yang memadai dan lengkap disekitar
lokasi dan juga distro yang menawarkan kebutuhan akan perlengkapan accesoris  yang berkualitas baik. Distro – distro disekitar lokasi kami anggap bukan kompetitor karena kami manawarkan produk barang yang berbeda, kelebihan produk kami adalah: kualitas barang yang baik, setiap produk dibuat dengan daya seni yang menarik bagi konsumen, menawarkan harga diskon setiap bulan bulan tertentu, pelayanan konsumen yang dapat diandalkan serta lokasi dikelola dengan ramah lingkugan dan nyaman.


Strategi dan Proyeksi Pemasaran

Strategi Pemasaran
·         Mengikuti serta menseponsori event-event music.
·         Discont pada masa promosi.
·         Menempelkan Poster di pinggir – pinggir jalan.
·         Iklan via Jaringan sosial (Facebook, Twitter, FourSquare)


Proyeksi Kebutuhan Investasi
Kebutuhan investasi terdiri dari 2 macam yaitu investasi aset dan investasi tunai.
Investasi aset berasal dari semua aset yang dikelola oleh manajemen DUASISI FAMILIA Distro, Investasi tunai berasal dari berbagai pihak yang tertarik terhadap
bisnis perusahaan. Total biaya kebutuhan investasi tunai tertera dalam tabel berikut ini

Investasi Tunai
Satuan
Jumlah
Harga (Rp.)
Anggaran(Rp.)
Izin sewa Bangunan
unit
1
20.000.000
20.000.000
Biaya pemasokan 3 bulan
unit
3
15.000.000
45.000.000
TOTAL



65.000.000



Prediksi Biaya Operasional yang dikeluarkan tiap bulan:

Biaya
Satuan
Jumlah
Harga(Rp.)
Anggaran(Rp.)
Gaji Karyawan
Orang
1
2.00.000
2.00.000
Listrik
Unit
1bulan
5.00.000
5.00.000
TOTAL



7.00.000




Investasi tunai yang dibutuhkan sebesar Rp. 65.000.000,- sedangkan sebagai
investasi aset senilai Rp 150.000.000,- sehingga investasi totalnya menjadi Rp.
215.000.000,-

Proyeksi Finansial
Laba dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya produksi selama setahun.
Profit investasi didapatkan dari laba dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang
meliputi: penelitian dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).

Kondisi penjualan minimum
Apabila proyeksi penjualan tidak sesuai dengan perencanaan/ target, maka kondisi
penjualan minimum yang harus diupayakan sehingga biaya produksi tertutupi.

Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi penjualan terburuk adalah:
· Melakukan penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional sesuai dengan
kondisi penjualan. Biaya operasional bulanan, sehingga biaya operasional
dapat tertutupi oleh total penjualan.
· Agresif marketing: secara aktif meningkatkan penjualan jasa pengelolaan dan
promosi ke kawasan komersil (setingkat mall atau perumahan).

Over Order
Over Order terjadi apabila input permintaan barang melebihi daya tampung
perusahaan akibat produksi penjahit dan desainer yang terhambat. Kondisi ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi perusahaan, namun disisi lain dapat
merugikan apabila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan menurunnya
kepercayaan konsumen.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi ini adalah:
· Memberikan diskon besar kepada penjahit model dan desainer, sehingga
produk terserap sebanyak-banyaknya.
· Melakukan pembelian sekala besar kepada supplyer guna memenuhi
kebutuhan permintaan/konsumen yang meningkat.

Pendanaan dan Kerjasama
Total modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah Rp. 215.000.000,- yang berupa investasi tunai sebesar Rp. 150.000.000,- dan aset DUASISI FAMILIA Distro Rp. 365.000.000
Kami mengharapkan dana tersebut diperoleh dari :
· Masyarakat sekitar
· Para Investor yang mendukung Bandung Generasi Music Dan Fashion
· Sumber Pendanaan yang lain.

Bagi investor, profit sharing dibagi dari profit investasi (80 % dari laba bersih). Dari
keuntungan tersebut, ditentukan persentase bagi hasil untuk pihak manajemen dan
investor. Jika terdapat lebih dari satu investor, maka persentase bagi hasil untuk investor ditentukan berdasarkan modal yang diberikan relatif terhadap total kebutuhan investasi.


Penutup
Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dokumen dalam proposal disusun bagi lembaga – lembaga masyarakat sekitar dan music underground
Kami bermaksud semua untuk menerima proposal ini. Kami harapkan kerjasama ini bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadapa generasi anak – anak muda lebih dalam.
.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
Bandung, 1 MARET 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar