Senin, 14 Mei 2012

MACAM - MACAM DISTEO LINUX

MACAM - MACAM DISTRO LINUX
Kenapa sih linux banyak banget macemnya?harus pilih yang mana nih? Nah ini dia pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh pengguna linux baru. Linux banyak macamnya dan biasa disebut distro linux, karena yang buat linux banyak juga, gak kaya windows nya microsoft sama macintosh nya apple, kalo dua tadi ga boleh di otak-atik and dijual lagi tanpa izin, bisa masuk penjara ente. Linux berlisensi GNU GPL, maksudnya boleh diperbanyak and boleh dimodifikasi asal masih sesuai dari ketentuan lisensi GPL. Trus gimana caranya milih distro linux? gampang, cari aja yang sesuai kebutuhan atau banyak dipake orang and gampang dipake-nya. Dibawah saya jelasin secara singkat distro-distro yang lumayan populer di Indonesia.

Ubuntu
Merupakan distro linux paling populer dan turunan dari Debian. Cocok untuk pengguna awam, karena mudah digunakandan fiturnyapun lengkap. Distro ini memakai Gnome Desktop. Distro ini juga gampang didapetin, gratis lagi, dateng aja ke shipit.ubuntu.com trus register jadi member ama isi formulir pemesananya, nanti CD Ubuntunya langsung dianterin ke. rumah, cuman kalo pengalaman saya, nyampe ke rumahnya ampe 3 minggu, trus ama tukang posnya suruh bayar Rp 3000 buat bea impor, tapi ga papa namanya aja gratis. Ubuntu juga banyak komunitasnya termasuk di Indonesia jadi ga usah takut kesusahan nyari orang yang ahli.


R
edHat
Redhat artinya topi merah(bagi yg ga bisa bhs.inggris). Sekarang sih cuman tersedia yang enterprise aja alias bayar. Lagi pula itu cocoknya buat komputer server, kalo yang versi desktopnya dan gratis ada fedora(dijelasin lebih lanjut dibawah).



Debian GNU/Linux Namanya itu gabungan dari pembuatnya Ian murdock sama istrinya Debra(Deb+Ian), cuman sekarang udah jadi mantan istri, eh koq malah ngomongin laki bini. Distro ini dikembangin lewat internet, jadinya ga ada perusahaan tertentu yang punya. Kalo pake distro satu ini lumayan susah, emang didesain untuk ketahanan dan sekuriti(bukan satpam), pokoknya harus advance lah kalo pengen pake distro ini.



Slackware
Nah ini nih mbahnya distro linux. Mengutamakan kestabilan dan simple berdasarkan prinsip KISS(Keep It Simple Stupid). Menginstall Slackware lumayan susah karena langsung dari source kode saya juga blom pernah nginstallnya dan sedikit aplikasi yang menggunakan GUI, tetapi ini dimaksudkan agar memenuhi syarat prinsip open source yang menganjurkan transparasi kode.



FedoraDistro ini lanjutan dari RedHat dan disponsori langsung ama dia. Lumayan terkenal sih, bahkan Linus torvalds yang bikin linux pake distro ini coy. Kalau RedHat kan bayar, kalo ini gratisannya and cocok buat dipake di komputer rumahan.




MandrivaDulunya bernama mandrake, tapi pada tahun 2005 Mandrakesoft bergabung dengan conectiva dan memutuskan nama baru mandriva. Distro ini dioptimasi buat jalan diprosessor Intel. Jadinya yang pake Intel pasti linuxnya jalan lebih cepet dibanding pake AMD ama VIA. Ngomong-ngomong saya juga pake distro ini loh.


SuSe
SuSe merupakan terjemahan bahasa jerman dari Slackware dan merupakan akronim dari "Software- und System-Entwicklung" ("Software and system development"). Distro ini merupakan distribusi yang pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia. Distro ini juga lumayan banyak dipake di Indonesia, desktop nya pake KDE jadi lumayan gampang dalam pengoperasiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar